Suggestions Jaga Kesehatan Gigi Anak Down Syndrome

Suggestions Jaga Kesehatan Gigi Anak Down Syndrome

Hal itu sudah harus dimulai sejak anak sudah mulai tumbuh gigi di usia 6 bulan. Periksa ke dokter gigi mulai saat usia anak +/- 1 tahun atau 6 bulan sejak gigi pertamanya tumbuh. Selain itu, ada kasus gigi berlubang yang tidak dapat terlihat kecuali dengan alat dokter gigi. Jadi, penting untuk mengajak anak ke dokter gigi walaupun tidak ada keluhan yang dirasakan. Anak akan lebih nyaman dan akrab dengan suasana ruangan serta alat-alat dokter gigi.

Bila perlu, dapat digunakan obat kumur/ mouthwash setelah menyikat gigi dengan tujuan untuk membersihkan space dalam yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Peran serta orang tua sangat diperlukan di dalam membimbing, memberikan pengertian, mengingatkan, dan menyediakan fasilitas kepada anak agar anak dapat memelihara kebersihan gigi dan mulutnya. Selain itu orang tua juga mempunyai peran yang cukup besar di dalam mencegah terjadinya akumulasi plak dan terjadinya karies pada anak.

Kalender ini dapat berisi kolom-kolom yang dapat dicentang, seperti kolom sikat gigi pagi dan malam hari. Para orang tua pun dituntut untuk sabar, pintar, dan aktif dalam melakukannya. Terlebih lagi, perawatan gusi dan gigi harus dilakukan sedini mungkin, bahkan sebelum gigi tumbuh. Untuk menjaga kesehatan gigi bayi, dibutuhkan perhatian ekstra dari orang tua. Saat masa pertumbuhan, orang tua harus memperhatikan kesehatan gigi dan mulut anak. Pasalnya email gigi yang dimiliki anak-anak di masa pertumbuhannya sangat rentan mengalami kerusakan.

Cara menjaga kebersihan gigi anak

Produk keluaran Cussons Kids ini memiliki beragam gambar yang menarik perhatian anak. Salah satunya adalah gambar unicorn yang sangat disukai oleh anak-anak perempuan. Dokter Aji menyelesaikan Pendidikan S1 Kedokteran Gigi di Universitas Indonesia tahun 2011. Beliau juga menyelesaikan Pendidikan Profesi di Universitas Indonesia dan lulus tahun 2013. Tahun 2018 beliau berhasil mendapatkan gelar Spesialis Ortodonti dari Universitas Indonesia. S.Y Prasidha Dewi, Sp.Pros atau yang biasa disapa dengan Dokter Dewi merupakan salah satu tamatan Pendidikan Kedokteran Gigi Spesialis Prostodonti Universitas Indonesia.

Pertumbuhan gigi anak merupakan momen berharga dalam tumbuh kembang si kecil. Oleh karena itu pertumbuhan gigi anak harus sangat diperhatikan dan dirawat dengan baik. Dengan cukup minum, akan membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik, dan ini tentu baik bagi kesehatan. Khususnya di mulut, air dapat membuat lapisan mukosa menjadi lebih lembab, hal ini juga akan menjaga produksi air liur. Apabila ditinjau berdasarkan klasifikasi WHO angka tersebut termasuk dalam kategori tinggi. Fakta tersebut menyadarkan kita semua bahwa masih perlu usaha ekstra untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.

Leave a Reply