Perkembangan Janin 10 Minggu dan Perubahan Fisik Ibu

Updated : Jun 14, 2020 Kesehatan

Perkembangan Janin 10 Minggu dan Perubahan Fisik Ibu

Masa-masa kehamilan pada saat usia janin 10 minggu memang tidak mudah karena ibu akan mulai mengalami rasa yang tidak nyaman seiring berkembangnya janin menjadi lebih kuat dan sempurna. Ibu tentu penasaran dengan perkembangan janin menginjak usia kehamilan 10 minggu bukan? Dalam masa perkembangannya ini tentu ibu tetap harus memperhatikan asupan nutrisi yang cukup dengan minum susu Lactamil agar anak dapat lahir dalam keadaan sehat.

Perkembangan Janin 10 Minggu

Janin akan sudah berkembang dan membesar dengan berat sekitar 7 gram, panjang sekitar 2,54 cm dengan ukuran seperti buah lengkeng pada usia kehamilan 10 minggu. Memang masih bisa dikatakan kecil namun bayi tentu saja sudah tumbuh menjadi lebih besar dan kuat.

Tulang janin juga sudah mulai terbentuk dan mengeras. Jari-jari kaki dan tangannya juga sudah mulai terpisah bahkan mulai tumbuh sedikit kuku. Pada bagian mulut, tunas gigi juga mulai tumbuh secara bertahap bahkan akan mulai tumbuh rambut halus di badannya.

Pada usia kehamilan janin 10 minggu, jarang terjadi kecacatan yang juga menandakan periode embrionik sudah berakhir. Si kecil yang awalnya berbentuk embrio sudah mulai menunjukkan bentuk seperti manusia yang sudah bisa dikatakan sebagai janin.

Bukan hanya memiliki bentuk yang sudah mirip manusia, tubuh janin juga sudah mulai bekerja seiring terbentuknya organ-organ tubuhnya. Otak janin juga akan berkembang dengan pesat. Organ vital janin seperti hati, ginjal.

Otak, dan usus juga sudah mulai berada pada posisinya dan mulai bekerja sesuai dengan fungsinya. Bahkan terbentuk sel saraf baru setiap menitnya dengan jumlah hampir mencapai 250.000. Pada masa ini juga jantung bayi akan berdetak 2-3 kali yaitu 180 kali, lebih cepat dibandingkan detak jantung orang dewasa. Janin juga akan terlihat bergerak-gerak pada saat melakukan pemeriksaan USG.

Perubahan Tubuh Ibu Pada 10 Minggu Kehamilan

Seiring berkembangnya janin, tubuh ibu juga akan mengalami perubahan fisik terutama pembesaran pada rahim. Apabila awalnya rahim ibu hanya sebesar buah pir yang kecil, namun ukuran rahim ibu akan membesar seperti jeruk bali pada usia kehamilan 10 minggu. Dalam usia kehamilan ini ibu juga sudah dapat mempersiapkan baju hamil yang lebih longgar agar tidak mengganggu masa kehamilan.

Pasalnya mengenakan baju biasa pasti akan membuat ibu merasa tidak nyaman karena sudah sempit. Ibu juga bisa memilih celana atau rok yang elastis sehingga dapat memberikan kenyamanan dan tidak menghambat perkembangan si kecil.

Payudara ibu juga akan mulai membesar sebagai persiapan untuk menyusui. Jadi ibu bisa mempertimbankan untuk menggunakan bra yang tidak terlalu longgar ataupun bisa membeli bra khusus untuk ibu hamil selama usia janin 10 minggu dan juga seterusnya agar lebih nyaman.

Deskripsi : janin 10 minggu umumnya sudah mulai berkembang yang juga membuat fisik ibu terlihat berubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *