Kenali 9 Bahan Ini yang Umum Digunakan Untuk Membuat Rompi

Updated : Jun 28, 2020 in Lifestyle

Kenali 9 Bahan Ini yang Umum Digunakan Untuk Membuat Rompi

Rompi merupakan baju luar tanpa lengan sehingga dikenakan bersamaan dengan baju dalam. Terdapat banyak model rompi yang dapat dijadikan sebagai pilihan dan dikenakan sesuai dengan kebutuhan. Bahkan baju yang tidak berlengan dan dikenakan sebagai baju luar selalu disebut sebagai rompi.

Bahan Untuk Membuat Rompi

Rompi umumnya dikenakan untuk melindungi tubuh dari dingin ataupun dikenakan saat mengendarai motor. Ada juga rompi yang bertujuan untuk membedakan suatu organisasi atau lembaga. Ada juga yang hanya untuk tujuan fashion. Fungsi rompi ini dapat dibedakan berdasarkan bahan-bahan yang digunakan. Sebelum membeli rompi, ada baiknya untuk mengenali dan memahami jenis bahan yang digunakan terlebih dahulu.

  1. Taslan

Kain taslan dikenal sebagai bahan yang anti air, kuat dalam menahan angin sehingga tidak langsung mengenai tubuh membuat rompi berbahan taslan sering digunakan sebagai pelindung di saat mengendarai motor. Rompi taslan juga cukup ringan dan tidak mudah kusut membuatnya mudah dilipat.

  1. Despo

Kain despo hampir mirip dengan jenis kain parasut hanya saja memiliki tekstur yang lebih halus. Jenis kain ini merupakan jenis kain penahan angin atau windbreaker. Serat-serat kain ini sangatlah halus dan kecil sehingga memberikan tekstur yang licin serta tidak mudah kusut.

  1. Parasut

Kain parasut sudah dikenala sebagai kain yang kedap air dan juga memiliki ketebalan yang cukup tipis. Karena memiliki sifat yang anti air, rompi yang terbuat dari kain ini cocok dikenakan pada saat udara dingin atau pada musim hujan. Bahan parasut tidak cocok dikenakan pada saat cuaca panas karena tidak dapat menyerap keringat. Namun sangat mudah dibersihkan, tidak menimbulkan bau, dan cepat kering.

  1. Kanvas

Kain kanvas memang sudah umum digunakan untuk apa saja mulai dari tas, sepatu, jaket, hingga rompi. Kain ini memiliki ciri khas yaitu kuat, kokoh, tahan lama yang umumnya terbuat dari linen atau kapas. Ada juga yang terbuat dari campuran polyester dan katun.

  1. Terry / Tray

Kain terry atau baby terry merupakan jenis kain yang terbuat dari cotton sehingga menghasilkan teksutr yang halus dan lembut namun masih tetap cukup tebal. Kain ini tidak berbulu di mana bagian dalamnya juga lembut seperti selimut sehingga sangat diminati. Rompi dengan kain terry dapat membuat tubuh lebih hangat meskipun pada cuaca yang sedang dingin.

  1. Fleece

Fleece bisa dibilang merupakan produk tekstil yang mirip dengan kain wol. Ciri khas fleece yaitu bahannya yang lebih ringan dan umumnya memiliki warna-warna yang cerah. Fleece nyaman dikenakan karena bahannya yang lembut, halus, ringan, dan tidak panas.

  1. Diadora

Bahan diadora atau DDR sering digunakan untuk pembuatan rompi sport di mana bagian luarnya yang terlihat mengkilap dan halus serta dapat memberikan efek pantulan cahaya. Bahan diadora juga dapat memberikan rasa hangat namun tetap memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik meskipun tidak sebaik bahan katun.

  1. Lotto

Bahan lotto memiliki tekstur yang halus dan lembut mirip seperti bahan diadora. Hanya saja lotto lebih elastis namun tingkat ketebalannya bisa dibilang setara dengan bahan cotton sehingga dapat memberikan kehangatan pada tubuh.

  1. Kulit

Rompi kulit sering dikenakan sebagai produk fashion yang dipadukan dengan kaos ataupun kemeja polos. Kulit yang sering digunakan yaitu kulit imitasi namun ada juga yang terbuat dari kulit binatang asli contohnya kulit sapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *