Cara Membuat Susu Formula untuk Si Kecil

Updated : Aug 24, 2020 in Kesehatan

Jangan Sampai Salah, Ini Cara Membuat Susu Formula untuk Si Kecil

Membuat susu untuk sang buah hati memang terkesan sederhana. Namun sebenarnya ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat membuat sufor untuk si kecil. Contohnya berapa suhu yang tepat untuk membuat susu, memasukkan air dahulu atau serbuk susu dahulu, dan lainnya. Nah ini dia beberapa cara membuat susu formula untuk si kecil. Jangan sampai salah lagi ya.

Berapa Suhu yang Ideal untuk Membuat Susu?

Umumnya bayi menangis menandakan jika ia lapar. Pemberian susu merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan tangisan si kecil. Namun perlu untuk diingat susu harus dibuat dengan air bersuhu 70 derajat Celcius.

Namun demikian bukan berarti si kecil juga akan minum susu dengan suhu air ini ya. Sebab bisa jadi mulut dan tenggorokan sang buah hati terluka. Agar suhunya bisa cepat turun, Anda bisa menaruh botol susu di bawah kran air dingin.

Bolehkah Buat Susu dengan Air Mineral

Perlu untuk diingat, jangan membuat dengan menggunakan air mineral ya. Sebab sesuai dengan namanya, air mineral tentu memiliki kandungan mineral di dalamnya. Mengingat tubuh bayi yang masih kecil dan sensitif, belum tentu mineral yang terkandung di dalamnya dapat dicerna oleh si kecil. Jika ingin membuat susu pastikan selalu gunakan air putih saja.

Masukkan Air Dulu atau Bubuk Susu Terlebih Dahulu?

Cara yang paling tepat untuk membuat sufor adalah dengan memasukkan air terlebih dahulu baru kemudian masukkan bubuk susu. Dengan begitu susu dapat lebih mudah larut di dalam air tanpa menghasilkan banyak gelembung udara yang bisa menyebabkan sang buah hati jadi kembung.

Bagaimana Cara Mengocok Susu dengan Benar?

Cara mengocok susu paling tepat agar cepat larut ke dalam air adalah dengan mengguncangkan ke kanan dan ke kiri seperti membuat lingkaran. Jangan kocok ke atas dan ke bawah. Sebab hal ini akan menghasilkan gelembung udara yang akan membuat si kecil menjadi kembung. Jadi agar cepat larut, disarankan untuk mengocok sufor ke kanan kiri membentuk lingkaran.

Susu yang Sudah Dibuat Bisa Disimpan Berapa Lama?

Jika sang buah hati makan dengan normal, biasanya dia akan menyusu selama 50 menit  – 1 jam sekali untuk menghabiskan satu porsinya. Sebab takaran susu tiap anak berbeda karena nafsu makannya yang berbeda pula. Perlu diingat jangan berikan sufor untuk si kecil yang sudah lebih dari 2 jam.

Nah di atas merupakan beberapa cara tepat memberikan susu formula untuk sang buah hati. Pastikan jangan sampai salah lagi saat memberikan sufor untuk si kecil ya. Kini ada banyak sekali jenis sufor yang bisa Anda beli di toko perlengkapan bayi. Namun pastikan untuk selalu memilih sufor yang paling sesuai dengan kebutuhan sang buah hati ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *