Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memberi Makanan Kucing Hamil

Updated : Jul 20, 2020 in Others

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memberi Makanan Kucing Hamil

 Kucing tergolong dalam hewan mamalia yang berkembangbiak dengan cara melahirkan. Proses kehamilan yang lancar hingga kelahiran yang normal dapat dipengaruhi oleh cara perawatan yang dilakukan sang pemelihara. Menyediakan makanan yang tepat untuk kucing merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat kucing hamil. Berikut ini x hal yang perlu diperhatikan dalam memberi makanan kucing hamil.

Jumlah dan Frekuensi Pemberian Makanan

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam menyediakan makanan untuk kucing yang sedang hamil adalah jumlah makanan. Nutrisi yang mencukupi mampu membuat kehamilan kucing berfungsi dengan baik juga berkembang secara normal. Secara umum kucing yang sedang menjalani proses kehamilan membutuhkan nutrisi yang lebih banyak.

Sehingga, jumlah makanan yang diberikan harus lebih banyak jumlahnya. Selain memperhatikan jumlah, Anda juga perlu memperhatikan frekuensi pemberian makanan. Makanan dalam jumlah banyak serta frekuensi yang normal wajib dijaga dalam proses kehamilan kucing. Bila perlu tambahkan frekuensi pemberian makanan saat kucing sedang hamil.

Jenis atau Bentuk Makanan

Pada dasarnya berbagai jenis makanan kucing memiliki manfaat dan aturan konsumsi yang berbeda-beda. Untuk asupan gizi yang terjamin saat kucing sedang hamil Anda dapat memberikan makanan kucing olahan sendiri. Gunakan bahan-bahan yang terjamin kualitasnya tentunya.

Secara umum jenis makanan basah maupun jenis makanan kering sama-sama dapat diberikan kepada kucing hamil selama kondisi kebersihan makanan sekaligus kucing selalu terjaga. Ada baiknya berikan makanan favorit kucing yang sedang hamil.

Nutrisi yang Terkandung dalam Makanan

Untuk menjaga kehamilan kucing memastikan jenis dan jumlah serta frekuensi pemberian makanan pada kucing merupakan hal yang wajib dan tidak boleh dilewatkan. Pastikan makanan yang Anda berikan kepada kucing hamil merupakan makanan yang sesuai selera sehingga kucing penuh semangat mengonsumsinya.

Secara umum, kucing yang masih menjalani proses kehamilan akan mengalami penurunan nafsu makan. Kasus penurunan nafsu makan pada masa kehamilan kucing biasanya disebabkan oleh gejala kehamilan. Pastikan kandungan nutrisi makanan terlebih dahulu sebelum Anda memberikan makanan kepada kucing hamil.

Memberikan perhatian khusus saat kucing dalam masa kehamilan adalah hal yang perlu dilakukan. Selain memberikan makanan yang terbaik beberapa aspek lainnya juga perlu turut diperhatikan oleh setiap pemilik kucing.

Termasuk aspek kebersihan kucing juga kandangnya, menjaga kebersihan mampu membantu kucing hamil terhindar dari penyakit juga beberapa bahaya lainnya. Sediakan tempat ternyaman untuk ibu kucing. Ada baiknya jangan biarkan kucing keluar rumah dan jauhkan kucing hamil dari jangkauan kucing lain.

Layaknya manusia, kucing yang sedang menjalani masa kehamilan dilarang keras mengonsumsi obat secara sembarangan tanpa anjuran dokter hewan. Selain pemberian obat hindari juga vaksinasi kucing saat dalam masa kehamilan.

Proses perawatan kucing hamil yang baik dan benar berpengaruh juga untuk kesehatan anak kucing yang akan dilahirkan kedepannya. Memberi makanan kucing hamil dengan aturan yang tepat juga dapat membantu mendukung proses kehamilan kucing hingga menyusui dengan nutrisi yang lengkap dan jumlah yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *