Dadang Subur

Dadang Subur

Bahkan, kepiawaian Dewa Kipas dalam memainkan bidak catur secara online kian terlhat saat sempat menyapu bersih kemenangan dalam 27 gim beruntun. KOMPAS. com – Pecatur putri Indonesia bertitel Grand Master, Irene Kharisma Sukandar, segera melakoni pertandingan ekshibisi versus Dadang Subur “Dewa Kipas”. Berikut Liputan6. com rangkum dari Instagram @chelsie. monica, potret Chelsie Monica, komentator spesial Dewa Kipas Vs GM Irene, Senin (22/3/2021). Tak hanya itu, di tahun 2008 Irene Sukandar mendapatkan rekor dari MURI sebagai Wanita Pertama Indonesia yang bergelar Grand Master Cewek. Tahun berikutnya, Irene diberi penghargaan sederajat Atlet Putri Ulung Indonesia di Hadiah Atlet Olahraga Nusantara 2009. Penghargaan sederajat Atlet Harapan Nusantara Terbaik pada Indonesian Sports Award.

Irene Sukandar yang memiliki title Grandmaster Perempuan catur Indonesia itu mengatakan polemik tentangDewa Kipastelah membuat karet pecatur profesional Indonesia merasa malu. Selama itu, Woman International Master diberikan FIDE untuk pecatur perempuan. Dunia catur sentral menjadi perbincangan awam belakangan ini gara-gara Dadang Subur alias Dewa Kipas, yang dituduh curang saat bermain di platform Chess. com. Warganet pun ikut bereaksi dan membela Dewa Kipas di akun milik Gothamchess maupun chess. com. Kisruh ini rupanya menarik perhatian dari GM Irene, ia melayangkan surat terbuka kepada Deddy Corbuzier. Dikatakannya, untuk turnamen di Surakarta yang juga dikenal dengan nama kota Solo itu, hanya pecatur berprestasi saja yang diikutkan, untuk mendorong keterampilan pecatur nasional.

Melihat kisruh nun berkembang, akhirnya Deddy Corbuzier pun memfasilitas kedua pihak buat berperang di bagi papan catur dalam studio Podcastnya dalam Jakarta sore tersebut. Menurutnya sang rama tak mungkin memakai bot, pasalnya Dadang merupakan orang nun gagap teknologi. Provisional itu, direktur corporate affairs PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk sebagai sponsor medan tersebut Rahmat Indrajaya, terus komit buat mendukung terciptanya performa pecatur nasional.

Namun, pada Senin (22/3/2021), akan digelar duel Dadang dengan Irene Sukandar, yang bergelar Grand Master, difasilitasi Deddy Corbuzier dan akan ditayangkanlive via akun Youtube miliknya. Publik penasaran dengan Dewa Kipas, hingga menantikannya bertanding di dunia nyata. Sempat menolak tantangan GM Susanto Megaranto dan IM Anjas Novita, kini Dewa Kipas secara resmi akan berduel di papan catur sungguhan. Namun, hal itu tidak mencegah banyak warganet yang masih menantikan Dewa Kipas untuk bertanding di dunia nyata.

Satwa pada tahun yang serupa juga mendapat pertimbangan Atlet Wanita Berprestasi Internasional dari PERWOSI tahun 2006. Irene juga mendapatkan pertimbangan dari Tabloid SEPAK BOLA sebagai Atlet Peluang Terbaik tahun 2007. Irene Sukandar bibit bertanding hari berikut, Senin, 22 Maret 2021 melawan Dadang Subur alias Dewi Kipas yang belakangan viral setelah meruntuhkan International Master Levy Rozman dengan account Gothamchess di Chess. com. Bahkan Irene Sukandar, berdasarkan kabar analisisnya berani memanggil 95 persen, Dewi Kipas melakukan muslihat.

Irene Sukandar sendiri merupakan pecatur wanita indonesia pertama yang mendapatkan gelar Woman Grandmaster atau WGM sedangkan Dadang Subur mengaku sebagai mantan atlet Pingpong yang bermain catur sebatas hobi. Berbicara soal gelar, terdapat banyak gelar dalam dunia percaturan dari Fédération Internationale des Échecs atau FIDE. Padahal, dari dunia caturlah dirinya justru bisa menggapai prestasi, memperoleh penghargaan, menempuh pendidikan hingga mendapat pekerjaan.

Eka saja mengundang beberapa GM senior untuk sebagai pelatih bagi Utut dengan biaya swasembada. Untuk meningkatkan poin permainan dan meroketkan nama Utut, Tunggal juga mengelar dwitarung internasional, dengan membuat pecatur-pecatur superior globe ke Indonesia pada setiap tahun. Corporate Affairs Director JAPFA, Limpahan Indrajaya menambahkan, mulai tahun 2000 pihaknya terus berkomitmen buat memajukan percaturan Indonesia. Ia berharap, secara turnamen ini, atlet catur Indonesia dapat menaikkan level bertandingnya.

Mensponsori Utut dan mensponsori para pecatur lembut itu bukan sengketa yang mudah kira Eka. Menyajikan berita Indonesia yang membangun, menginspirasi, dan berpositif thinking berdasarkan jurnalisme positif. Irene Sukandar bertanding melawan Dadang Subur alias Dewa Kipas yang belakangan viral setelah mengalahkan International Master Levy Rozman dengan akun Gothamchess di Chess. com. Dia pernah menjadi atlet termuda dari semua cabang ketika terpilih menjadi anggota kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam 2003.

“Bekerjasama dengan PB Percasi, JAPFA akan menyodorkan 12 pecatur laki-laki dan 12 pecatur wanita dari Eropa dan Asia, ” jelas Rachmat Indrajaya. Perdebatan di tataran warganet semakin terpelajar menjelang pertandingan Irene Kharisma Sukandar bermitra Dewa Kipas, Senin (22/3/2021) pukul 15. 00. Permainan Dadang Subur alias ”Dewa Kipas” saat ditaklukan IM Irene Kharisma Sukandar dibedah terampil dari Percasi. Medina juga mendapat tuntunan intensif dan difasilitasi untuk mengikuti bermacam-macam turnamen internasional serta akhirnya menjadi WGM kedua Indonesia di dalam 2013.

Woman Grand Master chess

“Mencari dan melatih benih unggul merupakan resep untuk keberhasilan performa catur Indonesia dalam masa datang, ” ujar Rachmat. “Dari lapak, saya mampu memahami beragam tips bermain dan kepribadian lawan, terutama tersebut yang lebih mantap, ” tutur Irene. Irene mengisahkan, ia sudah diajak ayahnya bermain di lapak-lapak sejak usia 8 tahun, dengan era sekitar 4 beker per hari. Irene mengaku, kesuksesannya dalam pentas catur bumi tak lepas dibanding mental yang valid sedari dini.

Comments are closed.