Cari Tahu Bagian dan Tipe-Tipe Mesin Kopi Espresso

Updated : Jul 20, 2020 in Others

Cari Tahu Bagian dan Tipe-Tipe Mesin Kopi Espresso

 Sebagai pecinta kopi, Anda pasti ingin memiliki mesin pembuat kopi espresso. Mesin pembuat kopi espresso ini memiliki bentuk dan jenis yang berbeda. Perbedaan tersebut juga akan mempengaruhi fungsi dan kecanggihan mesin itu sendiri. Agar lebih paham yuk, cari tahu bagian-bagian dan tipe-tipe mesin kopi espresso.

Bagian-Bagian Mesin

Ada beberapa bagian mesin yang perlu Anda ketahui. Pertama adalah portafilter, portafilter adalah wadah bubuk kopi yang nantinya akan diekstraksi. Komponen ini sendiri terdiri dari handle, basket dan spouts.

Water boiler, komponen ini adalah kontainer atau tabung yang ada di dalam mesin. Bagian ini berfungsi untuk menyimpan air panas yang nantinya akan digunakan untuk membuat espresso ataupun untuk membuihkan susu.

Group head, berfungsi untuk mengekstraksi kopi dengan tekanan tinggi. Komponen ini adalah pintu yang mempertemukan air panas dari water boiler dengan bubuk kopi pada portafilter. Namun, pada mesin kopi otomatis bagian ini tidak ada karena Anda hanya tinggal memasukan kopi dan menekan tombol saja.

Extraction Switch, tombol ini berfungsi untuk memulai dan menyudahi proses ekstraksi kopi. Steam wand adalah mesin memanaskan dan membuihkan susu, proses membuihkan susu ini sendiri bisa disebut frothing. Biasanya alat ini digunakan apabila Anda ingin membuat minuman espresso dengan campuran susu seperti cappuccino, latte dan mochacino.

Steam Knob, komponen satu ini berfungsi untuk menyalakan dan mematikan semburan uap steam wand. Tombol-tombol akan berbeda setiap jenis mesinnya, ada yang bisa ditekan namun ada pula yang diputar.

Tamper, komponen satu ini biasanya dilakukan untuk memadatkan bubuk kopi pada portafilter dengan cara menekan kopi, alat ini memiliki bentuk menyerupai alat cap atau stempel. Drip Tray, komponen ini berfungsi sebagai tempat tetesan atau sisa-sisa air saat mengekstrak kopi dan juga sisa-sisa bubuk kopi yang tercecer.

Jenis-Jenis Mesin Kopi

Mesin super otomatis, mesin ini bisa dikatakan mengambil alih tugas yang dilakukan barista dalam membuat espresso. Jika Anda malas untuk menggiling dan memanaskan kopi di pagi hari mesin ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Mesin ini mudah digunakan Anda cukup menekan tombol dan mesin akan membuat kopi sesuai menu yang dipilih.

Mesin otomatis atau disebut dengan mesin pod coffee. Mesin ini memerlukan penggunaan kapsul untuk membuat kopi. Mesin tipe ini sangat praktis digunakan karena hanya membuat kopi seperlunya saja dengan satu kapsul kopi yang akan kita minum. Mesin ini juga memiliki keunggulan desainnya cenderung keren.

Mesin manual, mesin kopi tipe ini menawarkan kendali penuh kepada penggunaannya dalam membuat kopi. Anda dapat menggiling biji kopi, tamping, mengatur suhu dan tekanan juga lamanya ekstraksi. Mesin komersial, mesin tipe ini besar, garang dan tangguh. Mesin ini biasanya digunakan oleh barista yang sudah profesional.

Itulah bagian-bagian dan tipe-tipe mesin kopi espresso. Sebelum Anda membeli mesin kopi pastikan Anda memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Rawatlah mesin kopi dengan baik agar mesin kopi tetap awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *