Begini Cara Mendidik Anak agar Mandiri dan Berani

Updated : Jul 22, 2020 in Lifestyle

Begini Cara Mendidik Anak agar Mandiri dan Berani

Mandiri dan berani adalah beberapa kecakapan yang harus dimiliki anak-anak. Namun, tidak semua anak memiliki sikap berani, anak-anak sering bersembunyi di balik punggung orang tua mereka. Nah, untuk melatih kedua hal tersebut, Anda perlu menerapkan  cara mendidik anak agar mandiri dan berani agar anak Anda bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Orang tua bertanggung jawab untuk membesarkan anak-anaknya. Saat Anda melatih kemandirian dan keberanian sejak kecil, anak akan mengikuti mereka sampai dia dewasa. Nah, secara umum, kemandirian dan keberanian harus dipupuk sejak dini. Tetapi Anda juga perlu menyadari bahwa kedua hal tersebut tidak instan. Inilah untuk cara mendidik anak untuk lebih mandiri dan berani.

1. Biarkan Anak Anda Menentukan Pilihan

Keputusan untuk menentukan pilihan biasanya berasal dari dalam diri seseorang. Anak yang mandiri biasanya tidak terlalu bergantung pada orang lain. Sebagai orang tua, Anda sebenarnya tidak boleh memaksa anak Anda untuk membuat pilihan tertentu. Jika Anda terus melakukan ini, bahkan anak Anda akan merasa tidak nyaman, bahkan tidak ikhlas dengan tanggung jawab mereka.

Akan lebih baik, apabila Anda hanya memberikan dorongan dan berkontribusi pada keputusan yang akan dipilih anak Anda sebagai cara membesarkan anak untuk mandiri dan tidak takut dalam menentukan pilihannya sendiri. Beri penjelasan mengenai sisi positif dan negatif terhadap pilihan anak Anda.

2.  Hargai Setiap Usaha yang Dilakukan

Ketika anak Anda secara bertahap mengembangkan sikap kemandirian dan keberanian, pastikan Anda dan keluarga Anda selalu memberikan apresiasi atas apa yang sudah dilakukan. Bahkan jika dia gagal, jangan pernah membatasi minatnya untuk berkembang. Karena hal tersebut akan membuat anak Anda merasa minder dengan setiap hal yang akan dilakukan.

Perlihatkan dan ungkapkan seberapa puas Anda dengan upaya yang telah dilakukan anak Anda. Meskipun mungkin terlihat sepele, menghargai semua upaya anak-anak dapat lebih merangsang semangat anak untuk bergerak maju dan keinginan untuk mengembangkan sikap yang mandiri dan berani.

3. Memberikan Contoh Secara Langsung

Cara melatih mental tangguh anak yang cukup efektif adalah dengan memberikan contoh secara langsung. Anak Anda belajar secara efektif dengan meniru sikap dan perilaku orang tua mereka. Itu sebabnya Anda bisa melatih anak-anak agar mandiri dan berani dengan memberikan contoh hal-hal sederhana untuk anak Anda.

Misalnya saja, jika anak Anda takut untuk berkenalan dengan anak tetangga, Anda bisa memberikan contoh dengan cara berkenalan secara langsung dengan tetangga tersebut, dengan tujuan menunjukkan tidak ada salahnya mempunyai teman baru yang seumuran. Ketika anak melihat contoh yang baik dari orang tuanya, anak Anda akan menjadi lebih berani.

Selain menerapkan cara mendidik anak agar mandiri dan berani di atas, Anda juga bisa memberi dukungan dengan susu Milo yang kaya akan protamalt. Berani saja tidak cukup tanpa asupan gizi dan dorongan energi, sehingga anak menjadi lebih berani menjalani setiap tantangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *