7 Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk Anak

Updated : Jun 08, 2020 in Kesehatan

7 Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk Anak

Zat besi merupakan salah satu zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, lemas, dan sulit berkonsentrasi. Zat ini sangat dibutuhkan oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Berikut adalah 7 pilihan makanan yang mengandung zat besi.

  1. Daging Merah

Salah satu sumber zat besi yang sangat baik untuk diberikan kepada si kecil adalah daging merah. Dalam 100 g daging merah diketahui terdapat 2 mg zat besi. Pilihlah jenis daging merah yang tidak mengandung lemak agar si kecil bisa mendapatkan asupan zat besi secara optimal.

Pengolahan daging merah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Jika ingin diberikan kepada bayi di bawah usia 1 tahun, pastikan untuk menyesuaikan tekstur agar daging mudah dikonsumsi.

  1. Hati Ayam

Zat besi juga bisa didapatkan dari hati ayam. Biasanya orang tua memilih hati ayam kampung sebagai sumber zat besi untuk diberikan pada anak. Kandungan zat besi yang terdapat pada 100 g hati ayam kurang lebih adalah 5 mg.

Namun, konsumsi hati ayam ini juga harus dilakukan dengan hati-hati. Apalagi hati ayam diketahui mengandung kolesterol dan vitamin A yang sangat tinggi. Lebih baik hati ayam dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan diselingi dengan jenis makanan bergizi lainnya.

  1. Bayam

Zat besi juga bisa Anda dapatkan dari sayuran, salah satunya adalah daun bayam. Dalam 100 g bayam, Anda bisa mendapatkan kurang lebih 2 mg zat besi. Selain zat besi, daun bayam juga mengandung protein, serat, kalsium, vitamin E, serta vitamin A yang baik untuk tubuh.

Ada berbagai cara yang bisa Anda coba untuk mengolah bayam menjadi makanan yang enak bagi si kecil. Pastikan untuk mencuci bersih daun bayam sebelum diolah agar aman untuk dikonsumsi.

  1. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang juga diketahui memiliki kandungan zat besi yang baik bagi tubuh. Kacang kedelai misalnya, yang memiliki kandungan 2 mg zat besi di setiap 100 g berat. Selain itu jenis kacang-kacangan lainnya juga rata-rata memiliki paling tidak 4 mg zat besi untuk setiap 100 g berat.

Banyak sekali pilihan cara mengolah kacang-kacangan. Anda bisa menyajikannya dengan beragam jenis sayuran seperti kol, bayam, brokoli, dan lain sebagainya.

  1. Kentang

Salah satu pilihan sumber karbohidrat ini juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Dalam 100 mg kentang, Anda bisa mendapatkan kurang lebih 3 mg zat besi. Kentang juga bisa menjadi alternatif pengganti karbohidrat agar si kecil tidak merasa bosan makan nasi terus setiap hari.

  1. Sereal

Ini dia pilihan menu sarapan yang mudah disajikan, enak, dan punya kandungan zat besi yang cukup tinggi. Perlu diketahui bahwa 3/4 cangkir sereal memiliki kandungan 18 mg zat besi. Selain itu, untuk jenis oatmeal instan terdapat kandungan 11 mg zat besi di setiap 100 g berat.

  1. Ikan

Beberapa jenis ikan juga diketahui mengandung zat besi yang cukup tinggi. Itulah mengapa sangat disarankan untuk makan ikan secara rutin. Jenis-jenis ikan yang tinggi zat besi di antaranya adalah ikan tuna, ikan sarden, ikan salmon, dan ikan baronang. Dalam 100 g daging ikan bisa ditemukan kurang lebih 3 mg zat besi.

Itulah tadi 7 bahan makanan yang mengandung zat besi. Anda bisa memberikan makanan-makanan ini kepada si kecil secara bergantian agar tidak bosan. Perhatikan cara pengolahan yang benar agar kandungan zat besi dalam makanan tetap terjaga dengan baik dan bisa memenuhi kebutuhan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *