5 Cara Alami Turunkan Kolesterol Tinggi

Updated : Jul 21, 2020 in Kesehatan

5 Cara Alami Turunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah zat di dalam tubuh yang berfungsi untuk membantu produksi vitamin D, hormon, juga asam empedu untuk mencerna lemak. Namun, faktor gaya hidup yang kurang sehat dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh menjadi meningkat, untuk itu berikut beberapa cara alami turunkan kolesterol tinggi.

  1. Mengonsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi sayur dan buah merupakan salah satu cara terbaik untuk mempercepat penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini karena kandungan serat dalam sayur dan buah dapat membantu turunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi buah dan sayur untuk menurunkan kolesterol  sekitar 500 gram setiap harinya.

Buah yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat salah satunya adalah jeruk nipis. Anda bisa mengonsumsi air jeruk nipis pasalnya, jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Konsumsi air perasaan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat di pagi hari saat bangun tidur dan sebelum tidur. Lakukan hal ini secara rutin agar kadar kolesterol jahat di dalam tubuh segera berkurang.

Sedangkan sayuran yang dapat membantu menurunkan kolesterol adalah brokoli. Brokoli memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Brokoli dapat membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Serat Larut

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut juga merupakan pilihan terbaik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Beberapa pilihan makanan kaya serat larut yang bisa dikonsumsi adalah alpukat, ubi jalar, brokoli, lobak, pir, wortel, apel, kacang merah, biji rami, dan gandum.

Anda juga bisa mengonsumsi produk suplemen atau minuman yang mengandung serat larut beta glucan dan inulin. Beta glucan berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sedangkan inulin bermanfaat untuk menurunkan kolesterol total dan trigliserida dalam darah.

  1. Mengontrol Berat Badan

Mengontrol berat badan agar tetap ideal juga kunci untuk menurunkan kolesterol tinggi. Orang yang memiliki berat badan berlebih lebih rentan mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Anda dapat melakukan olahraga untuk membantu menurunkan berat badan.

Tak hanya untuk menurunkan berat badan olahraga juga terbukti untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan sehat, jogging, bersepeda, dan berenang. Lakukanlah secara rutin setiap hari.

  1. Hindari Rokok dan Alkohol

Merokok dapat membawa banyak efek buruk bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah mengganggu keseimbangan kadar kolesterol. Jika Anda memiliki kebiasaan merokok sebaiknya segera hentikan, dan hindarilah asap rokok.

  1. Minum Air Putih

Orang yang minum air putih sebelum makan terbukti lebih sedikit porsi makannya dan cenderung tidak memilih makanan yang tinggi kolesterolnya. Artinya, minum air putih sebelum makan mampu mengubah perilaku makan seseorang menjadi lebih menyehatkan. Hal ini secara jangka panjang mampu menurunkan kolesterol.

Kolesterol tinggi memang berbahaya untuk kesehatan. Maka dari itu Anda dapat melakukan berbagai cara alami turunkan kolesterol tinggi di atas untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika Anda mengalami keluhan-keluhan lain tentang penyakit yang berhubungan dengan kolesterol segera konsultasikan kepada dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *